Waspadai 4 Tanda Anda Alami Alergi Parfum Seperti Berikut

Selama ini, Anda mungkin mengenal beberapa benda yang bisa menyebabkan alergi seperti bulu kucing, debu, beberapa jenis makanan seperti telur atau kacang, dan juga alergi udara ekstrem yang terlalu panas atau dingin. Tapi ternyata ada satu lagi nih, alergi yang jarang diketahui orang yakni alergi parfum. Kandungan yang ada di dalam parfum sebenarnya tidak membahayakan, selama tidak terminum. Tapi, beberapa campuran yang ada di dalam parfum, entah itu bahan kimia atau minyak esensial alami, ternyata ada yang bisa menyebabkan alergi pada orang tertentu.

Nah, berikut ini merupakan beberapa gejala bahwa Anda alergi pada parfum:

Pusing

Kalau Anda mencium aroma parfum lalu merasa pusing, bisa jadi itu dikarenakan alergi. Tapi tak jarang juga, orang ingin parfum tahan lama sehingga menyemprotkannya secara berlebihan dan membuat aromanya sangat menyengat. Dalam hal ini, rasa pusing bisa jadi disebabkan karena efek dari aroma yang terlalu kuat. Untuk mengatasi gejala alergi yang ini, sebisa mungkin hirup udara segar dan hindari berdekatan dengan parfum yang menimbulkan alergi.

Bersin-bersin

Anda mungkin saja alergi terhadap suatu tanaman, namun tidak menyadarinya karena tidak pernah menjumpai tanaman tersebut secara langsung. Nah, saat sebuah tanaman dibuat menjadi parfum, bisa jadi aromanya juga akan membuat Anda alergi yang ditandai dengan bersin-bersin. Biasanya tanaman yang menimbulkan alergi adalah tanaman yang berbunga.

Mata berair

Gejala ke tiga yang bisa menandakan bahwa Anda mengalami alergi adalah mata merah dan berair. Hampir sama seperti poin sebelumnya, beberapa tanaman bisa jadi menimbulkan efek perih di mata dan membuatnya jadi berair. Tapi tak sedikit juga mata berair yang disebabkan oleh iritasi bahan kimia tertentu.

Bercak merah dan gatal

Kadang ada orang yang senang menyemprotkan parfum ke bagian tubuhnya. Jika tiba-tiba Anda merasa panas, gatal, dan melihat ada bercak merah, maka kemungkinan besar Anda mengalami alergi terhadap salah satu bahan dari parfum tersebut.

Tapi sejauh ini alergi parfum sangat jarang ditemukan. Yang terpenting, pastikan Anda selalu memperhatikan cara pemakaian dan tidak menggunakannya secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *